Headlines News :
Home » » The Spirituality In Business

The Spirituality In Business

Written By wiryawanfamily on 14 September 2012 | Friday, September 14, 2012


Judul Buku         : The Spirituality In Business

Penulis : Muhammad Abdul Ghani

Penerbit         : Pena Pundi Aksara Jakarta

Cetakan         : Cetakan Pertama, Maret 2005

Tempat Beli : Gramedia Semarang

Tanggal Beli : 26 Juli 2006



Pada hakekatnya kita semua adalah pelaku usaha, entah sebagai karyawan, manajer, pedagang, dan sebagainya. Dan dalam hati nurani kita, pasti kita menginginkan kebaikan dalam melakukan setiap usaha. Akan tetapi, di lapangan kita temukan sesuatu yang berbeda. Sebagian orang, karena ingin mendapatkan keuntungan yang bersifat duniawi, rela melakukan apa saja dan melakukan segala cara agar usahanya lancar, meskipun itu bertentangan dengan moralitas agama. Sehingga timbul pemahaman bahwa penghalalan segara cara dan pelanggaran atas moralitas agama adalah “budaya” yang sudah dianggap biasa dan dimaklumi. Akhirnya timbul jargon “bisnis dalah bisnis, agama adalah agama”; terjadi pemisahan.

Islam mengajarkan keada kita untuk melakukan usaha bisnis dengan akhlaqul karimah sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Eliau mencontohkan untuk bersikap shiddiq (jujur), fathanah (cerdas), tabligh (kooperatif), dan amanah dalam segala hal, termasuk dalam berbisnis. Ketika hal ini diterapkan, keuntungan yang diraih tidak saja keuntungan duniawi, tetapi juga keuntungan akhirat.

Seorang pelaku usaha adalah orang yang selalu berpikir ke depan, tidak hanya memikirkan hari ini dan saat ini. Ia tidak mau mengambil keuntungan yang “kecil” di dunia, dengan mengorbankan keuntungan yang “besar” di akherat. (Sinopsis Dari Sampul Belakang)

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Read the Printed Word!
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Perpustakaan-Wiryawanfamily - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template