Judul Buku : The Spirituality In Business
Penulis : Muhammad Abdul Ghani
Penerbit : Pena Pundi Aksara Jakarta
Cetakan : Cetakan Pertama, Maret 2005
Tempat Beli : Gramedia Semarang
Tanggal Beli : 26 Juli 2006
Pada hakekatnya kita semua adalah pelaku usaha, entah sebagai karyawan, manajer, pedagang, dan sebagainya. Dan dalam hati nurani kita, pasti kita menginginkan kebaikan dalam melakukan setiap usaha. Akan tetapi, di lapangan kita temukan sesuatu yang berbeda. Sebagian orang, karena ingin mendapatkan keuntungan yang bersifat duniawi, rela melakukan apa saja dan melakukan segala cara agar usahanya lancar, meskipun itu bertentangan dengan moralitas agama. Sehingga timbul pemahaman bahwa penghalalan segara cara dan pelanggaran atas moralitas agama adalah “budaya” yang sudah dianggap biasa dan dimaklumi. Akhirnya timbul jargon “bisnis dalah bisnis, agama adalah agama”; terjadi pemisahan.
Islam mengajarkan keada kita untuk melakukan usaha bisnis dengan akhlaqul karimah sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Eliau mencontohkan untuk bersikap shiddiq (jujur), fathanah (cerdas), tabligh (kooperatif), dan amanah dalam segala hal, termasuk dalam berbisnis. Ketika hal ini diterapkan, keuntungan yang diraih tidak saja keuntungan duniawi, tetapi juga keuntungan akhirat.
Seorang pelaku usaha adalah orang yang selalu berpikir ke depan, tidak hanya memikirkan hari ini dan saat ini. Ia tidak mau mengambil keuntungan yang “kecil” di dunia, dengan mengorbankan keuntungan yang “besar” di akherat. (Sinopsis Dari Sampul Belakang)
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !